bahaya survey online

Bahaya Survey Online Penipuan Aba-abal Palsu

Diposting pada

Apakah ada bahaya survey online? jawabannya adalah ada bahayanya jika yang diikuti adalah survey online penipuan yang diselenggerakan oleh perusahaan yang tidak bertanggung jawab, seperti yang akan SampinganOnline ulas berikut ini.

Pernahkah ketika anda sedang mengunjungi sebuah situs lalu tiba-tiba muncul tab baru atau jendela baru pada browser dengan halaman yang menawarkan program survey berbayar atau survey online berhadiah?, hati-hati bisa jadi itu adalah survey online penipuan yang nantinya tidak akan membayar anda.

Jadi jika anda mendaftar atau mengikuti survey berbayar tersebut maka anda hanya akan membuang-buang waktu anda saja karena anda tidak akan dibayar.

Modus survey online penipuan

Biasanya kata-kata dalam kalimat pembukaannya  adalah “Selamat ada adalah pengguna internet / pengguna Google yang beruntung, anda telah terpilih sebagai pemenang untuk mendapatkan hadiah pulsa gratis, voucher belanja, uang tunai, smartphone gratis“, dan lain-lain. 

Lalu akan anda perintah untuk melakukan tap atau klik Ok untuk melanjutkan proses pengambilan hadiah sebelum kami berikan kepada orang lain lagi. 

survey berhadiah iphone penipuan

Begitu kita setuju untuk melanjutkan dan mengklik tombol atau menu OK dari landing page tersebut, kemudian kita akan diarahkan ke laman yang berisi pertanyaan-pertanyaan survei lengkap dengan pilihan jawabannya.

Tetapi, apabila kita perhatikan pada laman survei online tersebut terdapat banyak sekali keanehan dan kejanggalannya. Seperti desain situs yang dibuat sedemikian mirip dengan situs asli Google agar seolah-olah terkesan memang sebuah perusahaan yang bonafit dan terpercaya.

Menampilkan komentar settingan

Selain itu, banyak juga terpampang disitu komentar atau testimoni dari pengguna akun media sosial seperti Facebook dan Google Plus yang jumlahnya jutaan pengguna.

hadiah survey iphone palsu

Tapi ternyata, jika kita perhatikan semua itu hanyalah komentar settingan yang sudah diatur dengan tujuan untuk meyakinkan pengunjung.

Seperti pada screenshot diatas, bahwa ditampilkan seolah-olah komentar dari Facebook plugin asli, padahal itu semua adalah settingan yang dibuat oleh pembuat situs. Pengunjung tidak akan bisa ikut menulis komentar meskipun pengguna Facebook.

Mengapa saya mengatakan bahwa komentar dan testimoni tersebut hanyalah settingan..?

komentar setingan survey penipuan

Karena, semua akun-akun yang telah menuliskan komentar disana tidak ada link hidupnya. Jadi ketika kita klik pada akun yang sudah berkomentar tidak akan bisa. 

Dan juga, pada tulisan keterangan jumlah komentar “13 Juta” sama saja tidak bisa kita lihat karena itu semua hanyalah gambar dan bukanlah link hidup yang bisa dikunjungi.

Dari fakta tersebut jelas, bahwa semua komentar testimoni dari nama-nama pengguna situs tersebut adalah murni dibuat oleh admin pengelola situs tersebut dan bukan merupakan data langsung yang terhubung ke setiap akun sosial media yang mereka pergunakan.

Salah satu ciri lagi yang bisa dijadikan bahan pertimbangan mengenai situs survey tersebut palsu ataupun terpercaya adalah dengan mengecek menggunakan layanan di situs www.scamadviser.com. Jika hasil datanya menyatakan bahwa nama pemilik dan pendaftar situs tersebut disembunyikan, itu merupakan salah satu indikasi bahwa situs tersebut mempunyai maksud yang tidak jelas.

Jika memang perusahaan survei tersebut niatnya benar, kenapa harus menyembunyikan data dan alamat perusahaanya. Karena tidak ada alasan bagi setiap perusahaan untuk menyembunyikan identitas atau alamat perusahaannya.

Terkecuali untuk situs yang di kelola oleh pribadi atau perseorangan, maka menyembukan identitas asli banyak dilakukan untuk alasan agar lebih terhindar dari praktik-praktik spam.

Ciri-ciri survey online penipuan

Untuk lebih mudah memahaminya, berikut ini beberapa daftar ciri-ciri survey online penipuan yang sering muncul di internet.

  • Muncul secara tiba-tiba ketika Anda sedang mengunjungi atau membaca artikel di sebuah situs.
  • Menawarkan hadiah bernilai tinggi atau yang harganya mahal seperti iPhone, laptop Macbook, voucher belanja paling sedikit Rp 500 ribu, dan lain-lain.
  • Syarat pendaftaran tidak hanya email dan nomor HP, akan tetapi biasanya mengharuskan untuk mengisi, nama lengkap sesuai KTP, nama Ibu kandung, dan bahkan menanyakan nomor rekening Bank.
  • Alamat dan juga nama domain situs tidak jelas dan tidak mengandung nama atau brand perusahaan survey yang jelas atau yang sudah ada sejak lama.
  • Hadiah yang ditawarkan berupa hadiah undian, sehingga meskipun sudah mengikuti survey sampai selesai, tetap saja tidak mendapatkan poin yang bisa dikumpulkan. 

Dan karenakan penentuan pemenang secara diundi, penyalahgunakan sangat mudah dilakukan oleh pengelola survey, karena nama pemenang bisa saja dimanipulasi karena hanya menampilkan foto yang terkadang wajahnya wajah orang luar negeri akan tetapi namanya Indonesia banget.

Bahaya survey online penipuan

Bahaya survey online atau bahaya yang bisa ditimbulkan dari mengikuti situs survey online penipuan atau abal-abal seperti ini adalah, berpotensinya terjadi penyalahgunaan data-data pribadi pendafar, karena pendaftar diminta untuk memberitahu nama sesuai KTP (bisa juga NIK KTP), nomor rekening bank, dan nama Ibu kandung.

Oleh karena itu, jika Anda menemukan ciri-ciri situs seperti yang sudah kami sebutkan diatas, sebaiknya ditutup aja dan jangan diikuti petunjuknya.

Survey berbayar terpercaya apa saja?

Ada 5 perusahaan survei yang selama ini sudah saya ikuti dan sudah terbukti terpercaya jika dilihat dari riwayat atau rekam jejak perusahaannya karena sudah secara resmi dan terang-terangan terdaftar sejak bertahun-tahun yang lalu.

Tidak seperti website perusahaan survei online penipu abal-abal yang biasanya selalu bergonta-gonti nama domain setelah mulai terdeteksi bahwa mereka melakukan aksi tipu-tipu dengan pancingan hadiah-hadiah yang menarik.

Dan dari kelima perusahaan survei tersebut diantaranya adalah:

Keempat situs survey online tersebut, telah terbukti dan terpercaya dan bukan penipu karena sudah ada dan beroperasi sejak bertahun-tahun yang lalu.

Silahkan anda ikuti semuanya untuk mendapatkan hadiah yang bermacam-macam. Karena ada yang poin ditukar pulsa, uang tunai, uang paypal, voucher belanja, kaos, atau bisa juga disumbangkan ke yayasan sosial dunia.

Penutup:

Bahaya survey online hanya terjadi apabila yang anda ikuti adalah program survey online penipuan yang memiliki ciri-ciri seperti yang sudah Mimin SampinganOnline sebutkan diatas.

4 komentar

  1. Sama-sama gan, sampai sekarang masih banyak perusahaan survey online terpercaya yang terbukti membayar dan tidak meminta data-data pribadi peserta survey.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *