kartu atm terblokir

Kartu ATM Terblokir Karena Salah PIN? Begini Solusinya

Diposting pada

Tentu akan sangat menjengkelkan ketika kita berniat untuk tarik tunai uang di ATM, tapi kartu ATM terblokir karena salah PIN. Alhasil gagal total deh acara mengambil uangnya.

Dan kejadian seperti ini juga pernah Mimin SampinganOnline alami sendiri di mesin kartu ATM BRI pada sekitar tahun 2012 lalu, ketika benar-benar sedang membutuhkan uang cash, eh malah terblokir dan waktunya sudah malam, sehingga harus menunggu esok harinya sampai kantor Bank buka.

Tapi Anda tidak perlu merasa khawatir jika saat ini Anda juga sedang mengalami kartu ATM terblokir karena salah PIN, atau disebabkan oleh hal lain.

Penyebab kartu ATM terblokir

Mengutip fimela.com, sedikitnya ada 5 penyebab kartu ATM terblokir seperti berikut ini, yang sebenarnya tidak hanya karena salah memasukkan kode PIN saja:

  • Penggunaan kartu ATM di lokasi berbeda

Menggunakan kartu ATM di lokasi yang berbeda dari yang biasanya juga bisa menyebabkan terjadinya kartu diblokir oleh pihak Bank. Lokasi yang dimaksud adalah seperti misalnya menggunakan kartu ATM di luar negeri, yang mana selama ini memang belum pernah dilakukan.

Hal ini bisa terjadi karena Bank mencurigai adanya aktivitas atau transaksi mencurigakan yang terjadi pada kartu ATM tersebut, dan salah satu cara paling aman adalah dengan memblokirnya.

  • Kesalahan teknis

Penyebab selanjutnya yang bisa saja terjadi adalah dikarenakan terjadinya kesalahan teknis yang terjadi pada pihak bank.

Hal seperti ini biasanya terjadi ketika bank sedang melakukan peningkatan sistem keamanan pembayaran yang lebih baik.

Atau bisa juga terjadi karena mesin ATM rusak sehingga software program perbankan tidak bisa berjalan dengan benar, dan ini bisa terjadi pada mesin ATM yang masih menggunakan mesin komputer versi lama yang sudah usang.

  • Salah memasukkan PIN

Salah memasukkan PIN sampai 3 kali berturut-turut sehingga membuat kartu ATM diblokir oleh bank merupakan kejadian yang paling banyak terjadi, dan tidak hanya terjadi pada kartu ATM BRI saja, melain pada semua bank seperti bank BNI, bank BCA, bank Mandiri, dan lain-lain.

  • Melakukan pembayaran atau pembelian yang tidak wajar

Ketika nasabah melakukan pembayaran atau pembelian dengan jumlah nominal yang jauh lebih besar dari biasanya, hal tersebut juga bisa dianggap sebagai transaksi mencurigkan oleh sistem keamanan bank, sehingga kemudian memblokirnya.

  • Terjadi banyak perubahan identitas

Penyebab terakhir yang bisa saja terjadi adalah terjadinya banyak perubahan terkait data profil atau identitas pemegang kartu ATM tersebut, seperti misalnya merubah alamat email, merubah nomor HP, dan lain-lain.

Baca juga:

Pinjaman BMT NU Riba?

Cara mengatasi kartu ATM terblokir

Seperti yang sudah Mimin sampaikan di awal tadi, tidak perlu khawatir jika saat ini Anda sedang mengalaminya, karena ada solusinya dan bahkan cukup mudah untuk dilakukan.

Dan berikut ini adalah beberapa langkah cara membuka kartun ATM yang terblokir, yang bisa dipraktekkan pada semua bank di Indonesia seperti bank BRI, bank BCA, bank Mandiri, bank BNI, dan lain-lain, dan ini berlaku juga untuk jenis kartu debit ATM ataupun kartu kredit.

Segera menghubungi call center bank

Menghubungi call center bank setelah Anda mengetahui bahwa kartu ATM sudah diblokir cukup penting, untuk mengetahui status kartu ATM Anda yang sebenarnya, dan hal ini juga akan membuat hari Anda menjadi lebih tenang dan rasa kekhawatiran bahwa uang tabungan Anda akan hilang.

Dan untuk mendapatkan nomor telepon call center bank, Anda bisa melihatnya pada kartu ATM Anda, karena kartu ATM semua bank pasti mencantumkan nomor call center pada kartu tersebut.

Atau bisa juga Anda datang langsung ke kantor cabang bank terdekat dan langsung bertanya kepada Customer Service bank tersebut, jika memang waktu kejadiannya pada jam bank masih buka.

Perlengkapan buka blokir kartu ATM di bank

Jika memang waktu Anda mendukung, dan juga masih ada bank penerbit kartu ATM Anda masih buka, Anda bisa langsung mengurus kartu ATM terblokir tersebut dengan langsung menemui CS atau petugas bank tersebut.

Tapi jangan lupa untuk membawa beberapa perlengkapan dokumen yang wajib yang harus Anda bawa seperti Buku Tabungan, KTP/SIM, dan Kartu ATM yang terblokir tersebut.

Proses pembukaan blokir kartu ATM di kantor bank langsung hanya berlangsung beberapa menit saja, di luar waktu menunggu giliran antrian ke customer service.

Biaya buka blokir kartu ATM untuk membuat PIN baru

Jika memang pemblokiran kartu ATM Anda karena salah PIN dan Anda melakukan pengajuan reset dan pembuatan kode PIN baru di kantor cabang, maka Anda memang akan dikenakan biaya antara Rp5.000 sampai dengan Rp10.000, tergantung jenis kartu ATM yang digunakan.

Biaya pembuatan PIN baru untuk pengguna kartu ATM Simpedes dan Britama adalah Rp5 ribu, dan untuk pengguna kartu kartu jenis rekening Giro adalah Rp10 ribu.

Buka blokir kartu ATM terblokir melalui aplikasi atau telepon call center bank apakah bisa?

Setiap bank memberlakukan kebijakan yang berbeda-beda, ada yang bisa dan ada yang tidak bisa sehingga mengharuskan nasabah untuk datang langsung ke kantor cabang bank terdekat.

Dan cara mengatasi kartu ATM terblokir yang paling aman sebenarnya memang dengan cara datang langsung dengan menunjukan KTP, buku tabungan dan kartu ATM, karena cara ini sulit dilakukan oleh penipu yang berpura-pura memiliki kartu ATM tersebut.

Penutup:

Cara mengatasi kartu ATM terblokir karena salah PIN atau hal lainnya cukup mudah dan hanya memerlukan biaya antara Rp5 ribu sampai Rp10 ribuan saja sebagai biaya reset dan pembuatan PIN baru.

Baca juga:

Setor Tunai Saldo Tidak Bertambah.

Cara Mengurus Kartu ATM Hilang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *